June 20, 2013

Mabok: Hazy Hazy day..

Kalo blog nya Debby Starry starry day..judul gw kale ini Hazy hazy day! 

Sapa sih yang ga tau kalo SG lagi heboh2nya kena haze..dan nyambung dari blog post nya si Dian yang berasa malu jadi orang indo, gw juga berasa gitu! Malu ati sama temen temen sini yang orang Sg terutama, emang - seperti kata Dian - bukan gw yang ngebakar, bukan gw juga yang punya lahan, tapi kan itu asalnya dari tanah negeri gw juga..dan jadilah gw berasa " shit, it's from my country " dan ini gw juga ikutan senewen ma Indonesia (yang kenapaaaaa seeeeh? kok ga bisa maju maju mentalnya?), even di saat crisis gini..masi berani berani nya kuarin statement yang bikin mata dunia *angkat bibir separo sambil nge-belo-in mata* pas baca komentar dr wakil negara kita.

Mo pengsan ga baca statement dr menteri pas nangggepin krisis begono?


Ini uda termasuk Crisis bang! ga usah bela diri lagi, show some sympathy dong at least!
Walo mungkin ga beneran berasa simpati, se engga nya nunjukin kl perhatian kek.

 Cobain sini, jalan di trotoar dengan index PSI: 371 yang range nya uda termasuk Hazzardous! Mask N95 sold out dimana mana, dan bawa cucu sini coba maen maen ke sg sekalian shopping..ato sapa tau ada mantu yg lg hamil kayak eke ini..welcome to Singapore! and please enjoy your stay. Gw mo liat berapa lama pada tahan jalan outdoor kalo mata ga mulai kliyep kliyep, leher langsung sesek. DAN GW GA LEBAY! - cobain aja.

Dan juga, gw liat di Facebook banyak pula orang Indo yang nge-bela diri ga mo disebut kalo ini itu ulah Indonesia. Jadi kl bukan ulah Indonesia? ulah sapa dong bang? kalo lu berasa kesinggung pas orang ngomong ini ulah indo, dan ngomongnya ke elu tapi lu berasanya lu ga salah - dan iyah, gw ngarti bukan lu yang bakar tu utan - tapi passport lu masi ijo berburung garuda kan? ya berarti lu masi apart of the Indo identity juga. Whether you like it or not! Accept it!

Kayak misalnya sport news badminton " CHINA VS INDONESIA ", tapi itu bukan berarti 1 billion orang china reramean maen badminton lawan segabruk orang indo juga kan? yang dibawa kan identity negara, dan yang kalo menang dianggep membawa harum nama bangsa..walo yang menangin cuman 1 orang.

Dan dong, ini ada yang lucu juga..ada nona manis yang Instagramnya ke private..ngasi komen soal satu Insagram post gw :)

 photo B07DC3B0-2DBF-4EB9-9FD5-9C0927836716-2414-0000030C9E0AAB88_zps2cb69d90.jpg


Yaelaaa ini lagi satu mulai!
lu pikir media, gw, dan orang2 disini peduli apa..yang bakar itu utan si farmer2 indo apa bukan?, mo yang bakar tetangga lu juga gw ga tau kan? dan aneh kaleeeee...kl gw nulis " OMG! seriously farmer Indonesia! Stop burning! ", kalo gw ditanya " how do u know it's a farmer? " I don't! yang ada malah gw jd bahan lelucuan pula. Ga tau info yang jelas malah sotoy. Dan juga, kl gw dikomplen ama farmer2 karena nulis farmer yang ngebakar, dan farmernya bilang " ga semua farmer bakarin utan kok! " gw kan makin harus detail nulisnya. Males. ah.

Although, I get what you mean :)
Dan yah, saya nulis tuh " Indonesia " bukan " IndonesiAN " - yang itu berarti gw addressing the identity, not the person.

Back to whether you like it or not, identity kita nempel sama identity negara kita..makanya kita ke irritate sama gebleknya kelakuan oknum oknum tertentu di negara kita, dan kadang kita seneng kl misalnya group badminton kita menang Olimpiade, dll. It's either our pride or our shame. 
. Intinya, sejauh jauhnya kacang lepas dr kulit, rasanya tetep juga kacang kacangan. *Apaaa seeh?* hahahaha.

Dan karena ini juga, gw suka keki banget sama orang Indo yang tinggal di luar negeri dan songong selangit kalo ditanya asalnya dari mana suka jawab " I am from OZ/NZ/USA/SG " dll. 
Kalo lu ketemu orang perancis yang lama tinggal di SG dan ditanya " Where are u come from? " pasti dijawab " France " bukan " Singapore "

Walo kadang gw maklum sih kalo misalnya ada orang yang di US, ketemu orang di negara bagian laennya..dan mereka nanya lu dari mana, pasti disebutnya dari kota tempat mereka berada "

Tapi kl cuman kebetulan baru tinggal beberapa taon di negara orang, dan pas balik tanah aer dan ketemu orang asing..kok langsung " I'm from Seattle! " Gubrak.com.

Anyway, stay safe temen temen di SG!
Stay indoor as much as possible.
Minum aer.
Dan mari baca berita bodoh apa lagi yang kuar dr mulut negara kesayangan kita ini. :)

9 comments :

  1. presiden kita selain sibuk bikin album, sibuk bikin buku juga, jadi hal2 beginian ga mampir di kepalanya...

    anyway, kemaren gua baca di internet, pembakaran ini sebenernya ada andil juga dari perusahaan sing, makanya goverment sing diem2 aja... sebagian lahan yang dibakar kan buat bangun perusahaan2 mereka...

    ReplyDelete
  2. yah kalo yang komen di instagram sih udah bohwat dah. emang banyak orang2 model gitu.

    tapi yang komen menteri itu lebih bikin malu lagi. emang sih gua juga udah tau kalo menteri2 kita emang gak ada otaknya, tapi ya ampun... kok gak bisa ngasih simpati dikit sih. malah memperkeruh suasana aja...

    ReplyDelete
  3. Mantep Eeelll!!!! Hajar terus Eeelll!! Gw suka bagian yang lo bilang, "coba main ke Singapore, bawa cucu, bla bla bla...", top abis El!!! Cepet sembuh ya Singapore :)

    ReplyDelete
  4. Sebagai orang Indo yg tinggal di Singapore, gw gak malu karena gw juga menderita :p
    Tapi gw malu banget baca komentar Pak AL. Dengan komen seperti itu, gw jadi mikir, siapa sih nih sebenernya yg behave like a child?

    Gak cuma itu, (soal tawaran bantuan dari Singapore), he reportedly said “Unless (Singapore) wants to give us a large amount, we won’t consider accepting it. If it is only half a million, or one million dollars, we don’t need that. We would rather use our own national budget.” (co-pas ya, males translate).
    Makin wondering, siapa yg kayak anak kecil?
    Pertama, kalau emang gak mau terima, tolaklah dengan cara yang berkelas "Terima kasih untuk tawarannya, tapi kami bisa pakai dari anggaran keuangan nasional kami"
    Kedua, Indonesia kan punya peribahasa "dikasih hati, minta jantung". Makasih Pak AL, buat contoh nyata-nya.
    Ketiga, makin besar bantuan yang diterima, makin besar utang budinya kan *apa ini gw doang?

    Dulu menteri TS yang suka bikin komen yang bikin kuping orang (gw) panas. Sekarang Pak AL juga. Kalo dokter2 diajarin bedside manner yang simpatik, mungkin ini menteri2 juga perlu diajarin hal yg serupa. Sebagai menteri, opini ini mereka gak untuk pribadi lagi, tapi bisa dibaca publik.

    ReplyDelete
  5. Lahan di belakang rumah gue lagi mau dibangun, terus biasa deh pohon-pohon yang ditebangin itu dibakar-bakarin. Itu aja udah bikin gue sesek kemarin, dan milih ngungsi ke mall karena kepala gue udah pusing. Gimana di Singapore ya? Stay safe El! Mudah-mudahan cepet ilang ya ya Haze-nya.

    ReplyDelete
  6. Sama el samaaaa....biar kata gue ga kena imbas haze nya, tp nge bacain temen2 gue yg org singapore pada ngoceh2 soal indo dan bakar2annya ini, bikin gue malu dan ga enak ati loh. Setuju ama yg lo bilang mo gimana pun, kalo gue sih ya misalkan gue uda puluan taon tgl di luar indo juga, ga bisa deny kalo indo tuh ya negara gue. Lah wong lahir dan gede juga di indo yakkkk.

    ReplyDelete
  7. Sama el samaaaa....biar kata gue ga kena imbas haze nya, tp nge bacain temen2 gue yg org singapore pada ngoceh2 soal indo dan bakar2annya ini, bikin gue malu dan ga enak ati loh. Setuju ama yg lo bilang mo gimana pun, kalo gue sih ya misalkan gue uda puluan taon tgl di luar indo juga, ga bisa deny kalo indo tuh ya negara gue. Lah wong lahir dan gede juga di indo yakkkk.

    ReplyDelete
  8. Hai El...
    aduh...iya parah banget..i meant semuanya
    ya pembakarannya, ya politiciannya...
    Gue yakin banyak lah Indonesian yang bermukim di situ. Gue ikut prihatin
    Sebagai negara tetangga, sebaiknya action supaya masalah asapnya cepet beres drpd exchanging harsh words (minjem omongan PM Lee...setuju banget...!)
    MInum banyak air ya, stay safe!
    Udah jangan kelamaan kebawa kesel ya *walau emang ngeselin I know* kan elu lagi pregnant...

    P.S. hiks..adek gue juga stay di situ...skrg bokap nyokap juga lagi main ke situ. Gue juga so so worried

    ReplyDelete
  9. Dodol bgt itu komen emang. Dah org2 ( yg mana citizen sendiri juga) lg kena musibah bukannya prihatin malah ngomelin yg kena musibah?? Asli dah, g heran bisa jadi mentri kalo sikapnya kyk gitu.
    Mending tu meeting soal haze diadain di spore aja biar berasa. Bawa tu anak cucu sekalian. Sebel g.
    *jadi ikutan curhat*

    ReplyDelete

Wut do you think?

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...