January 05, 2014

ASIX-ku yang gagal

Halah dong ya judulnya galau begitu!

Tapi itu yang gw rasain loh soal journey gw ngasi ASI ke Ethan *jadi kembali sedih*
Pada saat gw liat blog temen temen yang juga lagi ngasi ASI ke baby nya pajangin poto stock asi di freezer sampe luber luber begitu, ato ga cerita soal bisa ngasi ASI exclusive, sampe ketemu mak mak yang super pro sama ngasi ASIX sampe rasanya ngasi susu formula itu racun, bikin gw sempet down banget dan berasa guilty mampus dan nyesel se nyesel nyeselnya karena gw sakit sampe supply ASI drop in one night gitu.
*pingin muter balik waktu rasanya - dan gw janji ga bakal komplen waktu boobies suakit karena susu kepenuhan*

Waktu gw di Indo kemaren itu masa dimana gw down se down down nya sampe rasanya di kepala mulai sedikit ga waras. hahahha..Setiap kali gw liat Ethan, gw berasa failed. Ethan ga bisa dapet ASI exclusive dari gw, dan juga dia ga bisa latching, yang katanya..baby ga latch supply nya jd drop. T_T
*ironis banget deh gw berasanya*

Dan biasa kalo udah kayak begini..gw lari nya ke ibu ibu macam Esther, Belzy, Felicia, dan juga Elsiey. Gw thankful banget sama tips tips yang mereka bagiin dan juga si mak Elsiey sampe nyetokin moloco dan ASIFIT (plus pempek - ngawur) buat dibawa balik ke SG - makasih ya mak!

Selama gw 14 hari di Jakarta kemaren, gw beneran cuman ngendon di rumah tok (dan dikunjungi Madam Koo) dan sekali ke CP trus ketemu Monica dan si supeeeer pretty princess Vio. Dan selama di rumah itu, bisa dibilang gw took a break dari ngurusin Ethan, mbak di rumah yang ngurusin Ethan dan Ethannya juga ga mau gitu sama gw, jadi gw sempet baca komik. Hahaha! Masi jaman, hare gene baca komik? Masi!
Karena gw ga ada kerjaan, gw jd pumping melolo dan saban mompa..2 boobies dapetnya cuman 60 ml sodara2..dikit banget kan? itu mompa kira setiap 3 jam sekali..ga keburu kejer tayang sama jadwal makan Ethan yang 90 ml sekitar 2 jam sekali. Nah, di 14 hari itu, gw tuh struggle banget sama guilt sampe tengah malem nitikin aer mata dong..*lebay*. Sampe akhirnya gw ketemu forum di babycenter yang ternyata banyak mommy2 out there yang baby nya ga bisa latch juga, ga bisa breastfeed, dan malah ada yg banyak supplynya tapi choose formula karena mereka berasa breastfeed is not for them. Baru dari situ gw berasa mendingan sedikit dan tau kalo gw not alone :P

Lucunya, setelah gw ga gitu mikirin soal berapa banyak ASI yang gw dapet sekali pumping, eh supply ASI gw malah tambah banyak :) - walo ga bisa sebanyak waktu sebelon sakit itu, tapi mendingan lah..kalo dulu pagi2 bangun tidur pumping cuman dapet 90 ml sekarang bisa sampe 120-150 ml. Tetep campur formula tapi se-engganya uda sedikit berkurang asupannya dibanding waktu ASI seret itu. :)

Gw bertekad, untuk anak ke 2..gw bakal take care of myself dulu baru the baby..mirip2 sama instruksi di pesawat lah yah " kalo sampe tekanan udara di kabin menurun dan masker drop dr atas..pake dulu ke diri anda, baru attend ke little one. "

Anyway..sekarang baby Ethan jadwalnya uda mulai jelas nih, gw jadi rada seneng :)
Dimulai dari susu terakhir sekitar jam 10.30 pm - biasa bangun lagi jam 3.30am or 4 am
trus bangun lagi jam 7 am dan akhirnya kuar kamar biasa jam 9 am.
Langsung gw tarok di swing nya sekitar 30-45 menit lah dia betah duduk disana.
Mandi, susu, trus biasa nap yang jam 12 siang. Kadang hoki sejem kadang 1/2 jam doang.
Trus biasa gw tarok di ranjang gw buat ngobrol2..trus maen maen di baby gym nya dia, susu lagi dan bobo lagi..gitu aja cycle nya :)

Dan oh, Ethan mo bilang thank you ke Uncle and Aunties untuk kadonya :)
Ethan grateful.



Makasi yah Amey, Arman, Cynthia, Debby, Elisa, Eny, Judith, Katrin, Livia, Lisa, Maya, Meilany, Natalie, Patzie, Pitshu, Santi, Selvi, Vera - Felice, Viol, Windy Xiao Yan, Yenny Luciana. Daku terharu biru dah diperatiin :P *hormon lebay belon ilang neh!* dan walo ada banyak yang aku belon pernah ketemu face to face, aku mo bilang makasih banyak yah :)

Salam cium dari Ethan :D




 photo signature-lips.png

19 comments :

  1. ihiks g lom ketemu Ethan huhuhuh~

    ReplyDelete
  2. jangan galau2 ya ric... :)
    harus yakin kalo you are the best parent for ethan.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. he ehman,cuman kdg kl ada yg nyembur omongan aja rasanya di ati bisa pegih dikit :)

      Delete
  3. Apapun hasilnya, yang penting usahanya El. Kalau ngga usaha, elu bakalan lebih brasa sedih lagi krn didn't even try. Semoga tambah banyak lagi ya ASI-nya.

    ReplyDelete
  4. Anakku juga cuma dapet ASI 2,5 bulan karena cuti hamil di kantor cuma kebagian 2 bulan, alhasil begitu masuk kerja langsung mampet pet pet >.<" ngerti banget perasaannya tapi apapun hasilnya yang penting kita sebagai ibu sudah berusaha semaksimal mungkin :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasi buat encouraging words nya ya Win *hugss*

      Delete
  5. Jd inget masa2 asi jaman dulu, gw jg gagal (total) malah ngasih asi. Dengan segala airmata dan upaya, msh ga berhasil, malah ditambah komen2 sinis seakan2 gw ini worst mother banget , yang seenaknya bilang ga mungkin ga bisa kasih asi dll dll dll, yg ngatain anak gue ini anak sapi karena minum sufor :) yah, kita sbg maminya, pasti tau en berusaha yg terbaik kan buat anak kita :) kalo gw bisa hamil lagi nanti, pasti akan tetep berusaha ASIX ..*curcol* hihih. enjoy motherhood ya el , Jiayooo:)

    ReplyDelete
  6. Ethan bule banget ya El :)

    semoga kadonya berguna hehe

    ReplyDelete
  7. Ethan bule banget ya El :)

    you're Ethan's mother and you know what is best for him :)

    ReplyDelete
  8. kaya bule ^^
    mind to follow each other?
    pls let me know :)
    missdjoen.blogspot.com

    ReplyDelete
  9. Tiap org emang ga sama kok el jatah supply asi nya. Emang ada yg ga banyak dan ada yg berlimpah ruah.. bersyukur aja seengganya udah bisa kasih asi sebisa elu. Ada kok yg sampe setengah mati mompa sampe bedarah2 ga keluar juga barang dikit walopun udah makanin suplemen apa juga.
    Feel guilty manusiawi banget el buat seorang ibu.
    G pernah baca quote klo jadi mom itu pasti ada perasaan constant guilt over almost everything and need to always try to forgive ourselves for that.
    So yeah ure definitely not alone.

    ReplyDelete
  10. halo El, I have been there for my first son. Galau nya kaya baby blues gara2 ga bisa kasi asi exclusive, tapi di satu titik akhirnya gw bisa forgive myself. Cerita lengkapnya banyak di blog gw bbrp taon lalu:

    http://nyonyakecil.wordpress.com/2011/12/21/24-bulan-menyusuimu/

    http://nyonyakecil.wordpress.com/2010/01/10/say-goodbye-to-you-my-bs/

    http://nyonyakecil.wordpress.com/2009/12/17/hidup-motherhood/

    Baca komen2nya juga ya, sapatau it helps u :)

    Gagal asix di anak pertama membuat gw try hard untuk anak kedua. Sejauh ini masih asix tp gw dibantu suplemen2 spt Fenugreek from GNC, Lancar ASI, dua ini oke sih menurut gw, plus minum aer bergalon2 *oke ini lebay*

    ReplyDelete

Wut do you think?

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...