September 22, 2012

Derita MUA

Aku menutup hari jumat ku dengan sedikit curahan ati jadi part time MUA yah! 
Aduh, gw juga bingung benernya ni curhat ato mo kasi tutorial untuk menjadi client yang sopan.

~*~

Iyah, memang setiap orang pas mo pre-wed ato mo merit mikirin budget. Gw juga kok dulu begitu, tapi ga sampe kalo bisa dengan dana seminimal mungkin mendapatkan hasil yang semaksimal mungkin! INI SUMPEEEH, siapa sih yang bikin hukum ekonomi dongo gini? Neng, mungkin jaman dulu berlaku sistem gitu..tapi ga berlaku kalo untuk jasa. Apalagi make up :P
Foundation abal abal sama Make up Forever beda harga, beda juga kualitasnya. 
MUA yang " biasa " aja sama aku yang kata client client aku dan calon client " Bagus " dan " suka banget deh sama make up lu El ", tentunya juga beda yah rate nya.

Dan seperti biasa, prembule gw panjang kalo mo ngomongin orang! hahahaha..
Kemaren ini bertemu calon client yang baru cara nawarnya, gimana?
barangkali ada yang mo belajar, 
nawarnya pura pura jadi orang susah dengan budget sangat minim dan terbatas. Bujug.
Pret! Tapi kok lu bawa tas Chanel dan Pre wed ke SG? katanya susah, katanya ga ada budget?
Jual tu Chanel lu, bayar biaya kawin. Aneh.com deh kalo nemu calon yang begini.
Gw kemaren sempet cengo sebentar, wah! cara baru neh nawarnya..dan gw walo mulut slebor gini..kalo sama client gw sopan dan baik loh.

Gw kalo orang udah mulai begini, gw udah males deh..dan biasa gw cuma bilang:
"aduh, kalo rate nya ga cocok..mungkin belon jodoh kali ya non, sorry yah aku ga bisa bantu "

Dan dong, gw dijawab " Eh, yang se level kamu di Jakarta aja cuma buka 1 juta kok sekali pre wed! masa kamu segitu seh?? "
Level gw? gimana ngukurnya yah? lagian, weh! biaya idup di SG sama di Indo lu pikir sama?
Bulumata Rp. 1500 dapet di pasar baru! disini coba cari bulumata 20 cents dimana? Odong!

Dan sungguh, rate gw disini amatlah sangat bersaing loh..*promosi* tapi jangan lu bandingin sama pasaran rendah indo yah! coba aja MUA cinpur, mulai make up diatas jam 6 pagi..nambah $50, kalo stay nungguin..nambah $20-40/jam. Selamet deh lu bayarnya. Tapi itu bener sih..orang nunggu kan makan waktu yah. Dan ya, tanya yang pernah make up sama gw..kosmetik dan brush eke di sterilise setiap abis ganti client, selaen karena alesan hygiene en bakteria..eke sayang sama kosmetik gw yang bukan barang murah. Modal eke nih.

Aduh gw bisa gila deh ngobrol sama orang Indo yang nawarnya kayak di pasar, gw uda ngalah loh..keilangan job, daripada cape ati, eh dia ga terima kemenangan yang gw berikan. hahahha..teteup ditawar tawar sampe pokonya gw harus jawab " Iyah, ya uda deh "
Ngareep lu neng. ga mau gw.

Sekali lagi, kata engkong gw..ada uang ada kualitas.

Ni, kalo mak gw baca pasti gw dimaki maki neh..mak gw paling ga suka gw berasa gw bagus, dan gw harus yang tipenya tuh merendah rendah bilang " ah engga, aku mah biasa aja " huahhaha..mungkin ga? ya engga lah..aku tipe nya yang kalo dibilang " El, make up kamu tuh bagus banget loh " gw akan jawab " Asik! makasih yaaa..aku seneng kalo kamu seneng! " dan emang gw berasa gitu kok, kayak waktu dandanin Pitshu disini, gw takuuuut banget Pitshu ga suka dandanan gw! hahaa..untungnya dia suka..

Yah sekian lah curhatku..dan sekarang aku pingin share dari sisi pemberi jasa, untuk kita semua yang pasti jadi calon client siapapun juga.

1. Be Polite
Kita sama sama pernah bertukar posisi kan, satu hari jadi penjual dan satu lagi jadi pembeli.
What goes around come back around.

2. Be Fair
Kalo mo ngebanding harga ato kualitas, mbok yah apel sama apel, jangan apel sama kacang bogor. Gimana seh?

3. Be Reasonable
Kalo kita beli sesuatu yang berkualitas, mungkin ga harganya harga pasar pagi?
Kan engga. Nah, kalo uda dapet misalnya harga X, jangan maen ditawar 50% nanti kalo ga dikasih, pura-pura jalan aja* nanti mbak nya juga manggil lagi! Yeeeh, lu pikir mangga dua!
Dipikir dulu, oh harga segitu karena dia A, B, C..jangan maen di slepak aja.
Setelah ditimang-timang baru deh..mikir..harganya tuh reasonable ga sama servicenya, dan kalo mo coba coba nawar..yah yang masih sewajarnya.

Yah sekian uneg uneg ku :)
Semoga ga ada yang kesinggung aku nulis begini, kalo ada..aku ga minta maap..karena emang menyebalkan. Kalo ga ada, baguslah..jangan kayak begini juga, karena ya itu..nyebelin.
Hahhahaha..

Selamat weekend!

37 comments :

  1. Haduuuuh... sabar yaaaa ^^ Eh, jangan-jangan Chanel nya beli di Mangga Dua kali. Nawar juga. Makanya kelakuannya juga gitu waktu ketemu kamu :-p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan jangan nawar Chanelnya pake ilmu yang sama yah?

      Delete
  2. HHHAHAHAHHAHAH !!! Kacang bogor !! AHHAHAHHAAHHA :)
    Gilaaaa gilaaaa mulut itu client..... mangga dua abis......
    Dia kagak tau kl di Singapore, mulut bocor kayak panci pecah geto will get you no where :)

    HAHHAAHHA :P Mayan kehibur bin ngelus dada gw..... dah lama ga denger sarcasm kelas kambink....aduh maap kl mulut gw jg jadi ikutan kasar kelas kebo gini :P ahhaha :P

    FUNNIEH !! haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. ABis aneh sih bomb nawarnya, masa gw dibandingin sama abal abal seh? walo gw belon ngetop2 amat..tapi aku kan ada standard yah..ga pake pixy..pakenya Mac and MUFE T_T
      Sedih deh gw.

      Delete
  3. I love this post! Kayaknya semua orang harus baca deh haha..
    It happened to me too. Meskipun levelku belum setinggi level kamu lol. Anyway aku memang belum pakai high end brand dan pasang harga juga normal menurut aku. Bukan berarti make up yg aku pakai itu murahan beli di pasar. Aku juga tau diri masih MUA baru pengalaman baru nggak mungkin pakai harga senior. Teteup aja dibilang mahal. Emang itu gara2 prinsip ekonomi, dan "kebetulan" pemegang prinsip itu kebanyakan cewe2.

    Coba hitung, mana ada bapak2 belanja nawar sampe ngotot keluar urat? lol.

    Maaf jadi ikutan curhat. Soalnya jadi emosi jg baca post ini.
    Jadi inget juga ada yang mau make up buat prewed ke suatu pulau, tapi ngga mau bayarin akomodasi. Dodol banget itu sih! Grrr.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Geblek! gimana bisa mo pre wed ke pulau ga mo bayar akomodasi coba? kamunya disuruh tidur dimana? aneh aneh aja yah client itu kadang..

      Delete
  4. hahahha,cc daku mau dong di make up in*kasih uang 10rebu*,tapi jangan make up badut yahh hihihi *peace* ,sabar y cc,biar rezeki lancar terus ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. hhahaha..AMien! biar rejeki aku lancar terus yah !

      Delete
  5. hehehe ya sabar2 aja ya ric... pasti ada aja client yang gitu. apalagi orang indo, gak heran lah. kebiasaan nawar kan.... :P

    ReplyDelete
  6. Wah sama dg aku ce, kalo aku di bidang penyewaan penari utk acara pernikahan, kadang ketemu kostumer yg kek gitu juga, mak irit. mau penarinya yg udah profesional, bajunya yg mewah meriah, tapi ga mau keluar banyak modal..ckckck *jadi curhat jg

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku ngerti perasaan kamu Mut *sini huggss*
      Kadang mereka suka lupa, kita kan juga cari nafkah yah?

      Delete
  7. Hahahaha el lucu...
    Lu ga nanya dia: itu channel asli cik? Hihi
    Beneran lu ditawar sejuta el, astaga kalo gw disana gw bakal cengok muka ga yakin or gw beli hearing aid dulu, haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyalah gw kaget, kok gw dibayar pake rupiah ya? nah gw beli alat2nya kan pake $$.
      Gubrak.com deh!

      Delete
  8. itu prinsip ekonomi adanya juga buat lo El, bukan buat customer LOL! dan sebenarnya g ada survei tentang MUA di SG, dari segi harga lo itunganya murah lho klo di SG, dan klo di kurs-in ke indo, sebenarnhya sama aja sih, masuk harga standard MUA u/ pre-wed! tapi klo MUA sih,g cari orang yg bisa make-up-in g seperti yang g mau, itu yang penting sih :). Harga no.2 ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga semua orang mikir kayak lu say..kadang sedih juga sih kalo nemu orang yang jelas jelas suka sama make up gw, tapi kepentok sama dana. Trus rela aja gitu di make up sama abal2 asal harga masuk..padahal wedding and pre wed itu kan once a lifetime moment yah ^^

      Delete
  9. Nyahahahahahaha..... harap dimaklumin, El. Namanya juga klien, pake prinsip ekonomi. Hihihihihi... mendapatkan hasil sebagus mungkin dengan harga serendah mungkin.
    Paling cucok emang jurus "nggak jodoh", yeh? To the point. Hihihihihi........
    Go Bubbly Brush!!!!!!!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Go Bubbly Brush!!
      Iyah, gw nemu ilmu " ga jodoh " itu karena uda saking cape ati nawar bolak balik bo! teler dah gw.

      Delete
  10. wah, sabar yah cc elrica.. :(
    Namanya orang bisnis kudu sabar yah, semoga gak dapet customer kyk gitu lagi..
    Aku juga pernah dl punya ol shop, udah di kasih best price malah minta di diskon lagi n free ongkir.. >,< kagak untung masa harus nombok juga? hukss... *curcol wkwkwk
    Sukses terus cii Bubbly Brush nya ^^..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah, kita kan berjualan yah bukan charity! hahahah...semoga ke depannya client client kita nawar pake dengkul yah. ^^

      Delete
  11. Suruh dia hadepan sama MUA gue pas merit El. Dijamin langsung dibantai dan disilet2.

    Btw, ini article bagus bangetttt dari photographer gue. See you at the top!

    http://blog.edwardsuhadi.com/2012/08/30/where-will-we-meet-you/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yakin gw bakal di beset beset sama MUA lu Le ^^
      Yakin banget gw!!

      Btw nice article! thank u yah!!

      Delete
  12. Gw orangnya paling sungkan klo suruh nawar biarpun pasti semua org bakal demen ya bisa dapet yg semurah2nya dengan kualitas Oke hahaha.. Tapi klo udah nanya trus rangenya ga OK, ya kudunya mikir2 dulu ya seperti yg lu tulis plus minusnya apa & kenapa mau milih yg ini. Ato mgkn lebih baek lewat org yg kenal deket jadi colek2 harganya bisa lebih berasa :P

    Chanel plesong ngga sih el? hehe kan banyak di mangdu bisa di tawar2 :D Gw besok mo mudik Indo apa temen2 jpn gw, gw oleh2in dompet LV kawe dari mangdu aja ya hahahaha....

    jgn terlalu dipikirin deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. He eh Nge, kadang ga mo dipikirin tapi di pang ping melulu hp gw..sampe naek darah ^^

      Delete
  13. Prinsip gw: Ada harga ada barang, kalo lagi cekak jgn jelalatan liad yg mahal2 dunk, kalo ada duidnya baru deh liad2 :)

    ReplyDelete
  14. emang paling sebel kalo dibandingin dengan yg gak selevel, pdhl intinya dia cuma mau minta harga murah (tp menekan) :(

    klo gue pengalaman ngerjain furniture tuh El, pernah dapet klien org tajir tp pelitnya ampun2, dikit2 nawar kalo gak minta gratis, kaya gak bisa bayar aja *gondok*

    i feel you deh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. He eh, rata2 yg nawarnya geblek tuh yang mampu loh! heran gw..emang bener, ga pelit ga kaya! hahahha..

      Delete
  15. hahaha, gue ngakak guling2 baca posting-an loe El... kocak..
    malesin yah pake tas Chanel yg asumsi harganya puluhan juta tapi attitudenya ga sekelas "Chanel".. hihihi.. mending pake tas murmer tapi attitude sekelas "Hermes"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ember! keki yah kadang kadang nemu orang kayak gitu :)

      Delete
  16. Gua ngerti kok rasanya El, gua juga pernah ditawar2 jasanya. Cuman kan gua gak bisa ngikutin kalimat andalan elo kita belom jodoh non haha2. Paling lihat2 sikon, kalau emang gak mampu ya sudahlah anggap lagi bakti sosial. Tapi anehnya yang pernah minta diskon ama gua yang berduit tuh!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahhaha...lu jawab " ga jodoh " pasien lu bisa bengong lah ya. INi dokter apa apaan? hahahhaha...* duh lucu deh perumpamaan lu *

      Cuma iyah, kalo gw tau emang orangnya cekad..gw bantu kok..tapi tenteng chanel bilang ga mampu..lu kate gw bego apa? muka dan hati gw boleh baik, tapi kan saya ga dongo..hahaha

      Delete
  17. Hi cee, i'm a newbie here... Baru sekali mampir k blognya cc... Kirain yg punya org jepang, sumpah cantikkk bgt cc!
    Abis baca post ini langsung suka bgt sama bahasa indonya cc yg blak2an abisssss, sampe senyum2 ndiri bacainnyaa,
    Ternyata org indo jugaa^^
    already followed you!!
    Salam kenal yahh...
    yessysuwandi.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Yessy,

      Makasih yah uda mampir ke blog akuh ^^
      seneng deh ada yang baca..hahahaha..

      I'll visit ur blog soon too!

      Delete
  18. El, make up kamu tuh bagus banget loh " gw akan jawab " Asik! makasih yaaa..aku seneng kalo kamu seneng! "

    >> lha ini! setuju banget gw! tipikal orang indo kali ye? kudu merendah dan gak membiasakan diri menerima pujian. kalo penjual barang dan jasa merendah mulu...lah pegimane orang lain mo percaya ama jualan kita? aku sih kalo dipuji ya alhamdulillah buanget, hehehe. menambah PD aku sebagai crafter dan penjual, plus membuat aku yakin: "Oh harga yg aku kasih nih gak kemahalan..... (atao mungkin malah kurang mahal? qiqiqi)".

    thanks for sharing ya :)
    salam kenal. aku maen kemari dari blognya Felyina :D

    ReplyDelete
  19. Hahha.. Aq baru baca ni postingan.. Kalo tawar menawar macam ini sehhh makanan aq sehari2. Pake acara membandingkan sama tempat lain pula.... Untungnya aq orangnya cueeeekkkk mau km bilang apa juga gak di ke hati-in. Kalo kamu kerjanya di daerah ku bisa stroke kali yaaa.... Soalnya yang karakter nya bgni bukan satu dua org.. Tapi hampir semuaaaaanyaa...😹

    ReplyDelete

Wut do you think?

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...