September 15, 2013

Kabar kabari sebelon brojolan..

Buntingan 9 bulan:

Dah lama ya ga update blog pake bahasa sesuka ati soal diri eke en the baby..dan mungkin ini update-an sebelon brojolan bok. Minggu ini uda jalan week ke 36..kaki dah bengkak sempurna..muka uda kayak baru bangun tidur saban hari, baby dah engage sempurna en uda lightening gitu feelingnya. Dan banyak orang yang bilang " el lu ga kayak orang bunting 9 bulan deh! " dan dong boss gw bilang kemaren " El, you don't look like someone in 9 months pregant " Bagus lah ya harusnya?

Tapi kalo dipikir pikir emang sih, mood gw ga ancur aduk..bawaan gw kalo mo di rata rata selama kehamilan ini so far gw hepi lalala, ganjen tiada henti dan cuman ada bbrp hari berasa depresi pol sampe ngadu ke Esther soal gestational diabetic gw. Tapi selebihnya, selaen cepet cape..hari hari gw so far ga ampe gimana gimana banget ^^

Gestational diabetic:

Oh talking about gestational diabetic - diabetes yang muncul pas bunting: kalo misalnya ada temen temen yang kena beginian en ketemu dokter tua yang aneh seperti yang gw ketemu pertama kali..sampe nyuruh gw suntik insulin segala, dan bikin gw sampe shock en depresi ga penting - inget yah! Dokter tua yang berpengalaman itu ga selalu bener loh metodenya..dan ALWAYS cari second opinion kalo di ati berasa ga tenang. 

Karena gundah gulana ga jelas gara2 si dokter kakek itu, gw akhirnya ke Mt. Elizabeth untuk ketemu Dr. Daniel Wai yang ahli hormone and diabetic ini..dan sumpe ternyata as simple as avoid nasi dan jalan 30 menit kalo abis makan malem - and it solved my blood sugar level. Gw ngebayangin kalo gw nurut sama dokter yang tua untuk suntik insulin..bah! males banget nyocokin jadwal suntik en jadwal kegiatan gw sehari hari.

Rumah Sakit

Kami dah booking di Mt. Alvernia - tempat yang Lena dulu ngelahirin..karena deket dari rumah dan dari testimoni temen temen yang lahiran di sana, susternya baek..dan pelayanannya ok. So far kita booking Single deluxe room - tapi kata yang ngurus, kalo pas tiba2 brojolan dan kamar itu penuh..nanti dipindahin ke kamar laen..ya wuis mbak, gpp..asal jangan dipindain ke kamar 6 orang en eke kena bayar harga single deluxe aja. 

Yang milih kamar ini bukan gw loh, tapi si abang Arip - karena dia bakal ikutan nginep di RS sama gw..jadinya kita harus ambil kamar single, dan si abang ini berasa staycation kali..dia bilang " ambil yang single deluxe aja lah - beda $xx ajah " yuk yak yuk lah bang..mari kita staycation di Mt. Alvernia.

False Alarm

3 hari lalu dong, kebetulan pagi2 ujan gede..gw ma bang Arip 2-2 nya muales banget bangun pagi..akhirnya - ambil cuti 1/2 hari. Dan untung banget itu pagi ujan gede en kita males..hahaha! * typical indo yah - hawa males pun bisa dibilang " untungnya "* - Gw bangun tidur, kok cangcut gw basah yo? ga ada tanda tanda vaginal discharge gitu..tapi beneran basah abis. Gw dong, manusia parnoan ini langsung tilpun ke gynae gw..dan cerita soal si cangcut basah. 

Itu jam 11 am, dan si auntie2 yang tugas di dokternya sih sumpeeee super baik en mommy banget..dia bilang " dear, can u come at 11.40 am? let us check if it's a water bag leaking or just increased vaginal discharge " langsung gw ok-in, mandi, cuci rambut (sapa tau gw brojolan hari itu), trus suruh abang setirin ke dokter. 

Selama 10 menit di jalan itu, gw panik..karena belon ada yang siap! ahhahaha..

1. Gw belon hand over kerjaan kantor gw
2. Baju baby yang di SG belon gw cuci
3. Kamar baby belon gw sterilised
4. Koper ke RS masi kosong
5. Kaco!

Langsung gw bilang ke arip, eh kalo sampe hari ini juga gw mesti di admit ke RS, tolong ke kantor gw..ambil laptop gw bawain ke RS yah. Itu doang pesen gw..karena yang laen gw mikirnya gw masi ada 3 hari di RS buat nerbangin nyokap gw dateng ke SG. Hahhaha..- kadang gw mikir gw siap jadi nyokap pa kaga ya? -

Baby preparation

Karena si false alarm itu, akhirnya kemaren gw ma arip cuci cuci baju baby, kuarin sterilizer, bersihin kamar baby, lap lap-in semuanya, beresin lemari nya, siapin koper ke rumah sakit - yang tentunya ga ketinggalan..eyeliner sama lip blam ^^.

My preparation

Ga ada! hahaha!
gw bingung apa yang mesti gw siapin selaen siapin diri sama eye cream buat mata panda gw :)
Gw beneran seram sama the new mommyhood yang bentar lagi nyampe, dan gw bakalan keki banget kalo ada family yang overly ikut campur dan maksa maksa gw buat ikutin adat chinese. 

Gw ma Arip sepakat ga percaya sama yang namanya confinement ala cina cina jaman dulu..karena menurut kita itu ga terbukti dan cuman chinese aja yang begitu..kalo itu khasiatnya bersifat universal, kenapa bule, melayu en india ga ngelakuin juga? Kalo ada yang memegang teguh confinement - ga usah ngajak argue sayah ya, kalo ga ngebantu bikinin makanannya dan repotnya - ga usah repot repot ngasi petuah juga. :)

Gw bakal tetep keramas, nyalain AC, dan mandi selama 30 hari pertama..aje gila pas gw denger temen gw yang super pro confinement cerita, dia bilang ga keramas 30 hari, makanannya jahe melulu, ga pake AC dan di Singapore pula..ewww..apa nasib hygienic nya coba? Dan gw udah tanya beberapa dokter soal confinement dan most of them bilang ga terbukti dan kalo dipaksa confinement yah lakuin aja for the sake of ga ribut sama mertua ato nyokap katanya ^^

Sekian update ku!
Semoga the next one..udah kisah brojolan :)


 photo signature-lips.png

30 comments :

  1. iya chinese confinement itu percaya2an lah ya.. kalo gak percaya ya gak perlu....

    ReplyDelete
    Replies
    1. He eh! ad yang sampe kekeuh banget meyakinkan gw kalo itu it's a must..yaolo..sampe keki sendiri gw.

      Delete
  2. hi, salam kenal ya! memang ga perlu confinement sampe ekstrim tp menurut pengalamanku abis lahiran emang badan terasa gampang kedinginan gitu.. wkt anak pertama aku lgs keramas dan langsung dong masuk angin hehe jd pas anak kedua nunggu agak lama, mandi jg pas selang sehari, itupun abis mandi agak lemes gt, tp mungkin jg kondisi org beda2 ya? goodluck ya semoga lahirannya gampang, mom n baby sehat semua :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenel Bonni ^^
      Makasih utk wish nya. Iyah, semoga aku lahirannya gampang yaaa!

      Delete
  3. ga berasa yaaa el ;) hihihihi :)
    gw deg - degan juga ni jadinya

    ReplyDelete
  4. wah udah benatar lagi ya el... ga sabar pengen liat baby lu hehe.
    confinement, ga keramas 40 hari, kayanya klo gw jg ga bakal tahan... adek gw dulu jg ga tahan trus keramas :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga ada deh gw gitu2an..paling gw keramas trus langsung gw keringin lagi sampe kering kerontang. hahaha

      Delete
  5. jadi kata dokter nya kenapa el yg soal false alarm itu, kok bs basah kayak pecah ketuban gt? Yg chinese confinement itu... emg ga bole mandi & keramas selama 30 hari?? Whaatt?? hahahahaha gelo bs bruntusan kulit gue kl ga mandi 30 hari :)) Good luck ya el ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ternyata gw kena yeast infection en increased in vaginal discahrge pi..huhuhu..bikin kaget aja. >.<

      Delete
  6. wahhh akhirnya baca posting kali ini berasa kembali menemukan diri loe sebelom beken hehehe... maksudnya blog loe jaman dl hihihi

    semoga lancar yah sampe lahiran nanti...
    gw pas 2 mg keramas gak tahan lgs gw keringin pake hair dryer buru2 huahaha biar gak ketahuan, tapi 2x lahiran gw mandi air bawang sama jahe dibuatin mil, pdhl sih gw gak mau tp spt kt dok elo demi menghindari ribut hihihi

    nyokap gw malah masakin ayam angkak kuah sama ayam kuning (kunyit) kuah tiap hari selama sebulan, udahan itu gw anti sama ayam tuh lumayan lama hahaha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gw rasanya ga sanggup deh gitu2an, bisa jadi keki en senewen sendiri kalo gw diatur atur kayak gitu..en gw ga bakal makan tu makanan juga.

      Delete
  7. Maaaak, gak keramas 30 hari? g juga gak kebayang, El. >.<

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang tuh, ada ada aja orang yg bikin aturan confinement.

      Delete
  8. LOL sama kaya gw harus dikasih false alarm dulu baru beneran beres-beres. Emang Tuhan baek sama deadliners kayak kita, el *kita? elo aja kali, Din!*

    Btw confinement...gw punya argumen rasional nih buat elo. Monggo disimak

    1. Makan ayam arak 40 hari.
    Gw pernah baca, pas menyusui itu boleh minum alkohol tapi ga boleh banyak-banyak karena bisa bikin baby ngantuk terus. Nah kalo tiap hari dicekokin alkohol terus baby nya ngantuk terus, keliatannya baby anteng kan? dan kalo anteng, mommy bisa istirahat dengan tenang, akhirnya cepat pulih deh.

    2. Gak keramas 40 hari
    Efek langsung gak keramas 40 hari adalah rambut greasy dan bau dong ya. Siapa yang tahan deket-deket sama orang berambut jorok? Suami pun pasti tak tahan. Dan kalo kita jorok, suami pasti ilfeel dan nggak akan minta 'jatah'. Dengan demikian, keharusan untuk puasa having sex selama 40 hari akan terasa lebih mudah.

    sekian argumen rasional dari saya. Kalo situ percaya, salah sendiri. LOL.

    Hidup Elrica!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gelo lu Din, gw ampir percaya..pas baca buntutnya..yeee!
      Tapi iyah ya..vacuum 40 hari gimana rasanya yo? ahhahaha..macrot deh.

      Delete
  9. Wakakak gua ngakak baca komen di atas gua.. safe delivery yah el :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang geblek tu Vi si Dina..gw pun ngakak baca komennya si doi..tapi emang masuk diakal seh! ahahhah *terhasut ceritanya*

      Delete
  10. Hahaha...si Dina tuh emang gelo ya...

    Menjawab dengan cara rasional juga, menurut gue, kalo suami kita sayang sama kita dan anak kita, dia gak bakalan minta jatah walaupun kita tiap hari mandi, karena apa? Karena dia respect kalau kita masih sakit, dan dia akan mampu celibacy seenggaknya sampai beberapa bulan ke depan karena dia sayang sama kita :) Ihiy!

    Good luck ya El. Kalo di spore kayaknya ga usah bawa macem2 juga deh, apa2nya udah disediain.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ihiy! hahaha..nanti malem gw tanya ah ke si abang..gimana kalo puasa 40 hari? ahahha

      Delete
  11. Gw juga abis pulang dari RS langsung keramas, tentu aja pake air anget yaaa....ga tahan keringetan abis ngepush2, apalagi waktu itu summer yang panas jreng jreng jreng :D

    Kalo lahiran normal, dulu dikasih tau kudu 'puasa' 6 minggu...hehehe....gatau kalo CS berapa lama.

    Oia soal gestational diabetes, disini dulu ada kelasnya dikasih penjelasan ini itu. Awal2nya disuruh diet karbo dulu, trus tetep tes darah yang tiap 2 jam abis makan. Kalo ga kuat diet karbo baru dikasih insulin. Jadi kaga sembarangan main kasih aja...
    Jalan tiap hari juga dianjurkan buat GD sekaligus biar lebih lancar lahirannya...hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Omg, SG yang panasnya biasa aja gw udah ga tahan..apalagi kayak di tempat dikau yg kl summer yaoloooo nyenget *kayak pernah ngerasain aja*

      Amin, semoga lahiran aku lancar yah.

      Delete
  12. HAHAHAHA!! GUE PRO ELO El!!!
    Gue juga kagak percaya sama confinement itu dan yeah I know how sporeans sangat sangat superstitious soal satu ini dan gue muaaaaaaak banget ngedengerin buanyak bener orang2 kepo di kantor ngurusin satu kolik gue yang waktu itu hamil. EH BUSET pantangannya banyak bener, no wonder dah tuh sporeans pada baby blues dan pada nggak maw jadi parents. LOL
    Good luck for the labor El! Can't wait to see your baby!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nanti lu dateng yeh! jenguk baby gw!
      Gw ga sanggup deh kl ada ngmg ma cinpur soal confinement - bisa anek darah langsung dengan mitos mitos yang cina banget seeh :P

      Delete
  13. good luck ya El...gak sabar nunggu bayinya lahir dan tentu saja cerita melahirkannya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gw sabar sabar engga nih Deb..sama yakin ga yakin i can do it gitu..hahaha..kaco yah!

      Delete
  14. Gue tahan ga keramas 3 minggu.. tahannya tahan terpaksa sih.. abis gimana, laki g jg masih pcaya bgituan sih. Yaudah deh ikutin. Abis 3 minggu g keramas aja bodo amat. Gila ya itu surga banget rasanya..hahaha

    Mandi jg pake sereh.. bau bau deh badan..

    Nanti anak kedua ga pake lagi kynya puasa keramas. Klo mandi aer anget sih gpp, mayan relaxing soalnya.

    Puasa 40 hari itu gampil, el..g ama hubby puasa abis tau g hamidun..sampe selese masa confinement masih puasa..huahahha. nunggu jaitan oke dulu, mak..

    Good luck ya el.. cannot wait to see baby E. *g guessing nama baby lu nih..end with N, 5 hurup bukan?* sotoy pol

    ReplyDelete
  15. diatas gw: puasa selama 10 bulan??? woww.. hahaha

    elrica: yah itu sih gw gatau bener gak nya, dulu gw didatengin ai2 ama mertua gw buat masakin + urus bayi dll, banyak org indo yg bgitu. aduh stres deh gw makanan banyak harus abis + diatur2 soal ngurus bayi. kali ini hamil kedua gw gamau pake ai2 lagi, meski repot urus sendiri ya gapapa daripada ribet diatur orang. trus gw mau katering aja hahaha, ada kok yang trima katering ayam arak, ayam obat gitu, jadi bisa semau gw, pesen pas pengen, gausa tiap hari.. :D

    ReplyDelete
  16. Lancar jaya ya El! Pengen juga nanti nengokin baby E...

    ReplyDelete
  17. udah lama ga mampir ke blog ini tau2 uda mau brojol aja el,
    smooth delivery ya dear, embrace the joyful moment with the little one :)

    ReplyDelete

Wut do you think?

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...