April 28, 2014

STOP NYOLONG people!

Setelah berkali kali baca postingannya Arman yang photo familynya terus menerus dicolong orang..gw baru beneran ngerasain secara poto gw dicolong sama orang dan company yang menurut gw ga bertanggung jawab. Dan gw bawaannya uda pengen ngoceh ngoceh aja, padahal baru 3 poto yang kecolong..kalo gw jadi Arman, gw send virus ke email company ato orang yang nyolong kali. 

Saban baca postnya Arman yang ngoceh ngoceh, gw berasa ikutan sebel karena gw tuh PALING keki sama orang yang plagiat, karena menurut gw itu low banget dan nyebelin. Kalo kemaren ini pada sempet liat di facebook gw, gw pajang secara terang terangan nama MUA indo yang menurut gw pake photo before & after gw di profile pic BB nya secara ga bertanggung jawab.

Ni liat..Aku baik kan uda Mosaic nama dan BB Pin dia?


kemaren orangnya yang ambil photo ini udah kontek gw dan bilang..kalo ini semua adalah kesalah pahaman karena dia ga pernah maksud ngaku ngaku itu hasil dia, karena sebenernya dia cuman suka transformasi muka gw dari before ke after. 

Ok, thanks! Tapi, gw ada loh print screen-an percakapan MUA ini sama temen gw yang kebetulan mo jadi client dia..dan tanya apa itu hasil karya dia, dan dijawab IYAH. Yang kemudian diluruskan kembali sama sang MUA kalo itu semua kesalah pahaman dan dia udah apus photo gw ini dari profile picnya. Ok, fine..mari kita anggep ini case close.

Tapi boleh dong gw ngoceh- ngoceh di blog? secara ini blog gw, dan kejadian ini menimpa gw..nama sang MUA dah gw mosaic dan dia ga gw rugikan kan ya? Tapi kalo sang MUA baca ini, ya sudahlah..baca sana..toh, photo itu diambil dari post di BLOG ini juga kok. 

Pertama, jangan ocehin gw suruh pake watermark..karena lu pikir watermark ga bisa di edit kah? Gampil editnya, dan apa jaminannya kalo pake watermark, photo lu ga bakal di colong? Ga da!

Kedua, gw pas landed back di SG dan liat print screen-an sang MUA ini..gw langsung sebal pol!
Gw pajang nama dan BB pin nya di facebook gw, dan gw ga merasa salah kok..karena, wong dia pake muka gw secara terang terangan juga kok..ngapain juga gw ngumpet ngumpetin nama dia? ya ga? Mo bilang action gw jahat, karena orang jadi tau dia pake profile pic palsu dan nama dia jadi jelek? umm..ya nasib lah, sapa suruh pake pake poto orang? Waktu dia bilang, dia ga pernah ngaku itu hasil karya dia..gw sebenernya ngerasa alesan itu agak ga make sense, secara dia dagang lapak dia di BBM..pajang poto before and after gw, kalo lu jadi customer..lu pasti langsung asumsi, itu hasil karya dia kan ya? Apalagi dia MAKE UP ARTIST.

Agak odong aja lah kalo alesan yang dikasi itu kesalah pahaman, ga begitu logikanya tong!
Kalo lu ke toko baju, yang pertama lu liat kan etalase baju nya..dan udah wajar kalo lu asumsi di toko itu jual baju yang dipajang di etalasenya. Masak lu liat etalase baju di toko, pas lu masuk nanya " mbak baju yang ituh mana? " si mbak yang jualan bilang " Oh maap non, itu bukan baju kita..hanya kesalah pahaman aja kalo non menganggep itu hasil kami, Kita cuman suka aja sama designnya dari designer A " PRAAAANNG!! - ngerti ga kalo gw umpaain begini?

Jadi, walo gw menganggep case itu close dan gw sudah " yasudalah " sama sang MUA ini, gw cuman pengen clear up this thing..untuk sang MUA dan semua yang baca. Be original. Be creative. kalo mo sukses di dunia beginian. Gw juga belon sukses sukses amat..tapi at least, gw ga pernah ada kepikiran pake poto orang untuk dipajang di profile pic :) - ga ethic ah -

Next,

Ini company yang mayan terkenal..St. Ives Singapore..yang nemuin juga temen gw dan di print screen ke gw.

Walo yang ini masi mending, karena dia credit blog gw, gw tetep ngerasa kok ibarat gini yah..gw nyolong tas Hermes si A, dan gw bilang ke semua kalo ini tas nya si A loh, tapi si A nya ga tau kalo tasnya dipake gw. Itu kira kira termasuk kategori nyolong ga?

Photo ini diambil dari blog post SK-II gw yang ini:

Karena blog post gw yang ini termasuk property SK-II, gw laporin aja ke agency yang gw berurusan dan mereka yang bakal lanjutin the next step nya.Nge-hemat biaya dongkol.

Dan yah, mungkin sisi positipnya gw bisa ambil..kalo muka gw mayan laku lah ya sampe dicolong colong gini? dan hasil make up gw termasuk mayan Wow lah ya sampe dibajak pula?
Cuman yah itulah..sungguh oh tidak sopan kamu pake2 poto orang ga ijin!

 photo signature-lips.png

21 comments :

  1. Betul. Tetap saja itu nyolong sebetulnya, harus ditindak karena itu untuk SK-II mau dikata di kasih credit juga. Tidak bisa sembarang credit juga. Ibarat jualan shampo DIY lalu make foto iklan produk shampo suns**k, kan lucu hehe. Ughh sering banget liat iklan krim abal-abal terus foto before-afternya blogger bun bun di IG. Jahat banget ngambil keuntungan di atas penderitaan orang :|

    www.tipsgraphdesign.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya iya gw lait tuh link nya bun bun dijadiin model jualan cream..ngehe banget deh orang yg suka nyolong begini. gw bener bener ga ada respeknya sama orang yg nyolong dan orang orang yg berpikir ini biasa dan salah sendiri karena korban yang dicolong masang poto online. cih!

      Delete
  2. It's a wow... Beberapa hari sebelumnya aku sempat sih bikin blogpost tentang sebuah event, tp karena keterbatasanku, jd sempat ga ngambil foto yg menurut aku bagus bgt untuk aku taro di blog. Sempat cari2 lwt google orang2 yang datang ke event dan menemukan mereka serta minta ijin utk pakai fotonya, plus aku minta ijin juga untuk dipasang di blog aku dg ku edit kasih kredit pic source, mudah2an si empunya foto ga merasa fotonya aku colong. Hiks hiks.. serem juga abisnya kebayang klo misal aku ada di posisi km. Salam kenal ya..

    ReplyDelete
  3. wahahaha itu MUA nya gatau diri bangett..... kok ga ada harga diri n pride banget yah? harusnya dia minta maaf secara tertulis ke kamu di sosmednya dia tuh. baru case closed XD

    ReplyDelete
  4. Hi sis,

    Sebenernya sih emang resiko ya foto diambil di dunia maya dan dipergunakan untuk kepentingan pribadi/komersil. Nggak cuma foto, tulisan pun juga rentan di-copas juga kan :) Pernah baca di Twitter, kalo ga mau fotonya diambil ya jangan diupload di internet ;)

    Anyway, ngasi watermark, pasang kode proteksi anti-rightclick atau block itu sebagai tindakan preventif sis. Emang masih ada celahnya kok upaya2 itu, tapi kan nggak ada salahnya berusaha :) At least, kalo ada yg mau ambil foto (tanpa ijin) jadi males ngedit karena ada watermark-nya, atau jadi susah ambil karena ga bisa klik kanan > save image. Mempersulit mereka2 yang berniat usil dan syukur2 batal :)

    Kalau kebetulan kita tau properti kita dipakai nggak semestinya, ya silahkan diprotes. Kalau aku sih, selama dia pasang credit namaku dan link ke blog-ku nggak masalah. Oh ya, beberapa blogger ternama sih udah pasang tuh di Copyright Policy-nya. Mengenai hukum ngambil foto di blognya, ada yg kyk aku: pasang credit aja udh cukup dan ada juga yg nggak ngijinin sama sekali dan bakal nuntut secara hukum kalo sampe kejadian.

    Aku sendiri udh ngerasain juga hasil karyaku diambil (diedit, dicrop) trus dipake tanpa link-back ke blogku, aku mergokin sendiri blogger-nya dan minta dia masukin credit dengan baik2 (aku nulis komen di blog-nya dan mention Twitter-nya). Katanya sih bakal dibenerin lagi (nulis credit blog-ku) tapi aku belum cek lagi :D

    Beberapa online shop kan juga ada tuh yg pake foto swatch blogger buat display produknya (ada yg diedit dan ada yg dibiarin kelihatan watermark-nya), biasanya sih blogger luar yang dipake. Saranku sih, kalo udah mengarah komersil (kayak kasus kamu yg MUA itu -_-"), mending suruh hapus aja fotonya dan ga usah digunain lagi. Kalo dipake brand besar dan produk yg ada di foto kebetulan satu produsen ya biarin aja sih kalo aku :D Lumayan promosi gratis ;)

    Have a nice day!

    ReplyDelete
  5. Haha sabar ya :), emang susah kalo suda terkenal fotonya dipake " :p
    Ambil positive thinkingnya saja
    keep smile. Im Piccha

    ReplyDelete
  6. iyaaaaaaaaaaaaa paling sebel ama yang nyolong2 begini!!!!!
    dan juga paling sebel ama yang trus sok2 nasehatin "makanya diwatermark".... lha kok kesannya itu salah gua sendiri gitu karena gak diwatermark? masa gua yang dicolong tapi gua juga yang salah? aduh... males banet dengernya kalo sampe ada yang bilang "makanya diwatermark" begitu itu. huahahaha :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. He eh! Keki banget gw sama orang yang bilang " makanya watermark " uggghh! Coba aja kalo poto dia yang ud di watermark tetep dipake, gw mo liat dia ngomong apa!

      Delete
  7. Ya ampunn.. Orang etika nya pada taroh mana yah? ckckc.. Semoga ga ada lagi yah El kejadian kek gini lagi..

    ReplyDelete
  8. "Walo yang ini masi mending, karena dia credit blog gw, gw tetep ngerasa kok ibarat gini yah..gw nyolong tas Hermes si A, dan gw bilang ke semua kalo ini tas nya si A loh, tapi si A nya ga tau kalo tasnya dipake gw. Itu kira kira termasuk kategori nyolong ga?"

    menurut kode etik jurnalistik, selama mereka mencantumkan sumber original itu tidak mencuri, toh ketika orang yang melihat dan membuka link sumber, mereka menambah jumlah pengunjung dan menaikkan peringkat blog anda di search engine justru anda yang di untungkan juga meski anda tidak tahu jika foto anda diambil, jika tidak puas dengan pengambilan gambar dan pencantuman sumber maka sebaiknya anda memasang tata cara pengutipan posting blog di blog anda dan di setiap post anda, atau jangan posting di online publik, dan membuat blog ini tidak bisa di klik kanan tidak menutup kemungkinan foto anda dicuri, seperti contoh : ini link foto anda yang saya dapat dari blog anda meski anda matikan fungsi klik kanan http://3.bp.blogspot.com/-rgk0lX4RD3k/U141X_y3yWI/AAAAAAAAJXQ/p2n-EXKp8ak/s1600/image-1.png

    untuk pencurian gambar tanpa mencantumkan sumber itulah PENCURIAN...dapat ditanggulangi dengan watermark " tertentu "

    ReplyDelete
    Replies
    1. Olla Brian! thanks ya da nulis panjang lebar di comment gw ini, dan iyah.gw tau kok fungsi right click gampang banget di disable, tapi se-engganya kalo uda gw disable right click dan juga masi diambil yang kayak contoh kamu.berarti dia harus do extra mile dari pada just " right click and save image as " ndan kayaknya niaaat banget gituloh ngambil potonya. Hahahha..dan juga, bener kok kata kamu.kalo ga mo dicolong jangan pasang blog publik..ya tapi gimana dong ya, ini paka gw juga seh! hahaha..dan kalo it happens to you one day, i hope kamu inget juga sih sama kata kata kamu ke aku hari ini ^^ - altho aku yakin banget kamu bisa handle it better than i do. :)

      Trus mo nambain juga, kayaknya kamu miss a point deh yang soal St. Ives photo itu, masalah utamanya itu..aku ga pake St. Ives..dan photo yang dipake itu under property SK-II yang dimana aku jadi campaign bloggernya - oh well, not sure if you get what that's mean sih.

      But i appreciate your words!

      Thanks ya!

      Delete
    2. ah, i got the point, they use your photos for products campaign, if i were you i'll ask them to be my sponsor then, if they don't want, make a deal you know what to do with public articles right? tee hee....anyway they still give you benefit from source link...thats what i really mean beside the problem you use their products or not...have a good day

      Delete
    3. if that the case, ask them to be your sponsor then....if don't, make a public articles about it, you know la..but you still got benefit from the source link thats what i want to say ^^ ...

      " kalo it happens to you one day, i hope kamu inget juga sih sama kata kata kamu ke aku hari ini ^^ - altho aku yakin banget kamu bisa handle it better than i do. :) "

      "kalo it happens to you one day, i hope kamu inget juga sih sama kata kata kamu ke aku hari ini ^^ - altho aku yakin banget kamu bisa handle it better than i do. :) "

      > yeap, i remember that... don't worry about me...lol i'm a photo editor i deal with case like this once. better you put on watermark using text + birghtness contrast + opacity ) ( http://i.imgur.com/0l3MUlv.png ) instead a solid colored text, that's easy watermark to removed.


      "But i appreciate your words!

      Thanks ya! "
      > You're welcome, hope it helps have a good day

      Delete
  9. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  10. Kalo foto kita diambil pakai credit, itu barter namanya sissy. Sama kaya kita barter value sama media partner.

    Apalagi kalo yang ngepost page yang trafficnya rame, sama dengan dia promoin blog kita, dan blog kita bisa makin bertambah traffic ketika makin banyak yang nyantumin blog kita as a credit.
    :)

    foto-foto pribadi aku juga banyak diambil prang walau udah di watermark. Resiko dunia maya. It's fine. Hitung-hitung aja promo gratis.

    Satu artikel di web online-magz baru aja bisa 7,5 juta.
    So cheer up, and congrats ypur self karena artinya foto dan karyanya berkualitas sampe di pake orang.

    ReplyDelete
  11. Lebih baik kasih watermark ci..Aku juga dongkol waktu hasil fotoku diambil sama orang lain. Tapi aku ga bisa berbuat apa-apa, karena tuh foto produk emang ga di watermark..
    jadikan pengalaman sebagai pelajaran^^

    aloha-bebe.blpogspot.com

    ReplyDelete
  12. Ishhhhh...

    Kalau aku sih nggak bakal ada cerita tuh. Aku posting aja semua termasuk nama MUA dan juga chat nya. Gilingannnn. Hari gini yeeee. Masih ada aja yang begtitu. Astaga. *jadiikutanpanas*

    Heheheh... BTW salam kenal yahhh. Aku baru pertama kali main kesini. dan langsung aku follow blognya. Mari bertemannn. :)

    Main-main ke blog ku yah. Baru posting tentang tutorial dan cerita makeup ala Grunge Princess gitu. hihihihi... ditunggu...
    http://plumblush.blogspot.com/2014/04/look-grunge-princess-bottom-heavy.html

    -MissPlum-

    ReplyDelete
  13. Yah emang susah ya dilematis pisan cuma mau pasang foto. Untung temen kamu banyak ya El, jadi banyak yang kasi tau. Muga2 ga kejadian lagi deh ya

    ReplyDelete

Wut do you think?

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...